4 hari 3 malam di Bali bareng ortu ngapain aja enaknya.?





Yuhuu...
I'm back again..

Kali ini lagi belum ada cerita bodoh yang gimana - gimana amat. Tapi aku abis dari Bali, dan pengen sharing tentang pengalaman liburan aku ke Bali bareng keluarga aku.
Karena aku sempet googling gitu sebelum berangkat, tentang tempat wisata yang "Old people friendly" (read : parent) di Bali. Tapi gak nemu blog yang membahas tentang itu. Jadi rasa-rasanya, setelah saya melewati liburan saya di Bali bersama ayah dan kakak saya, Why not sharing it to the internet.!πŸ˜‰


So, day 1 :
Berangkat pagi dari Semarang, siang sampe Bali langsung otw hotel di daerah Denpasar Utara. Sore langsung rental mobil + supir dari hotel, meluncur ke Pantai Balangan buat liat sunset sambil ngejar Golden Light buat foto-foto biar tsakep shay.! 😁
Foto dari atas terus jalan kebawah ke Pantainya, menikmati sunset sambil makan jagung bakar dipinggir pantai. 😎
After sunset, balik hotel sambil mampir buat makan malam.




Day 2 :
Sewa mobil + supir lagi dari hotel, berangkat pagi jam8. Rencana awalnya mau ke Pura Lempuyang dulu terus ke Ubud baru balik hotel. Tapi gak disangka-sangka Pura Lempuyang se-Hits itu yaa...!!!  πŸ˜±Antrian buat foto mengular parah.!
Anyway pas sampe Pura Lempuyang, dari tempat parkir mobil musti naik shuttle sampe ke Pura Lempuyangnya. Biaya shuttle 20.000/orang, biaya sewa kain 10.000/orang + biaya masuk Pura Lempuyangnya suka rela. Kalo gak mau bayar sewa kain, bawa sendiri kain panjang. Biarpun udah pake celana panjang, semua tetap harus didobel kain lagi.
Jalan dari pintu masuk sampe ke Pura Lempuyang gak terlalu jauh. Tapi nanjak parah. Clearly not recommended kalo bawa orang tua dengan kursi roda ya. Tapi untuk ayahku masih kuat, cuma perlu sekali ambil nafas bentar aja ditengah-tengah tanjakan. Terus lanjut lagi sampe Pura.
Sayang banget pas kesitu lagi berawan, jadi background gunung agungnya gak kelihatan sama sekali. But well, udah sampe sana dan bayar ini itu masa mau balik.? Teruskan aja perjuangan jenderal...!! Penjaganya bilang antrian bisa sampe 1 jam. Oke fine, sejam doang kan bisa gantian antri sama kakak gue. Jadi masing-masing 30menit. Until...

1 jam kemudian.. 

Kok gue masih ditengah antrian.??? 😭😭😭
Mau balik nanggung, diterusin berarti masih sejam lagi. Untung ada kakak gw.!
Total ngantri 2 jam.! Jadi gantian ngantri masing-masing 1 jam sama kakak gue. Tapi selama ngantri, bokap nunggu di bale-bale gitu.. Jadi aman, tinggal beliin es teh aja udah senang..
Abis selesai foto udah mau sore, akhirnya makan siang di Pura Lempuyang aja. Abis itu mau lanjut ke Ubud lagi tapi nanggung, takut gak puas. Akhirnya kami divert ke Pantai Sanur aja yang deket sama hotel, sambil mampir makan Mak Beng. Mantai deh sampe gelap. 






Day 3 :
Sewa mobil + supir lagi dan melanjutkan perjalanan ke Ubud yang tertunda. Yaay.!
Sempet envy sama temen-temen yang pada ke Cafe dan dapet Free tasting tea and coffee gitu. Tadinya opsi antara mau ke Alas Harum atau Bali Pulina. Akhirnya mutusin ke Bali Pulina, tapi tastingnya gak Free. Huhu.. Bayar 100.000/orang cuma dapet coffee and snack. Sedangkan kami mau sekalian makan siang aja. Jadinya kami melipir kesebelahnya, ada D'Alas. Terrace resto. Keren beudss.. Makanan juga enak. Ada Bali Swingnya juga, tapi mahal.. 200.000.. Untung kami mengurungkan niat buat naik swing disitu, karena akhirnya kami dapat yang murah di Ubud Terrace. 
Lanjut dari D'Alas langsung ke Rice Terrace Ubud. Entrance ticket 10.000/orang. Pas masuk langsung nanya harga swing, langsung dikasi harga 150.000/orang. Mayan kan daripada 200.000.. Tapi kita mutusin untuk entar aja, mau keliling rice terrace dulu baru naik swing.
Nah, ini nih. Agak salah juga ngajakin bokap kesini. Bokap mah gak terlalu suka ngeluh, apalagi diremehin kalo lagi jalan. Jadi pas ditanya mau ikut trekking apa enggak, bokap mau-mau aja. Tapi untungnya, dijalur trekking ada rest area gitu, rice terrace view. Jadi pas bokap capek, kami bisa ninggal bokap di rest area sambil dibeliin minuman dingin aja udah seneng.. 😁 Terus gue ama kakak lanjut trekking lagi sampe dapet view yang bagus buat (gue) foto-foto.
Ngelarin trekking lewat jalur yang sama pas masuk, secara musti balik ke rest area buat jemput bokap. Nah, pas balik itu kita coba nawar lagi si swingnya. Dapetlah harga 100.000/orang. Huehehe.. Plus ditawarin free tasting tea and coffee. Aku senaaaanggg... πŸ’ƒπŸ’ƒ
Abis dari Ubud langsung mampir ke Pasar Sukowati beli oleh-oleh. Lanjut balik hotel.








Day 4 :
Nothing to say on this day. Orang langsung balik ke Semarang, gak bisa jalan-jalan lagi. 😭😭


Jadi intinya, kalo mau trip ke Bali bareng orang tua jangan dipaksain ke tempat-tempat keren tapi yang mayan susah aksesnya. Karena awalnya gue pengen ke Nusa Penida atau ke waterfall yang lucu gitu di Bali. Tapi setelah scrolling sana - sini sepertinya daerahnya terlalu ekstrim untuk ayah saya yang notabene punya riwayat asam urat, kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kan amit-amit yaa, abis liburan malah orang tua jadi sakit. Jangan sampe deh..
Bahkan Rice Terrace Ubud aja udah mayan ekstrim buat ayah gue. Biarpun beliau tetap tidak mau diremehkan, dan tetep ngotot kalo sebenernya dia mampu ikut gue sama kakak gue lanjut trekking. (Oke fine..)
Dan emang sengaja, biarpun ayah masih bisa nyetir dan kakakpun bisa, biar liburan makin asik mah mending sekalian sewa mobil +supir aja, kan mayan waktu dijalan buat waktu tambahan istirahat, biar gak bad mood kalo kecapean juga. 


Demikian bloggingnya kali ini. Semoga bermanfaat Guys.! πŸ˜‰


Dont forget to check my ig account : 

Komentar

Postingan Populer